Home » , , » Tips dan Kiat-Kiat Agar Mudah Mendirikan Shalat Tahajud (Malam)

Tips dan Kiat-Kiat Agar Mudah Mendirikan Shalat Tahajud (Malam)

Written By Alby Maizan On Saturday, February 25, 2017 | 10:14 PM

Tips dan Kiat-Kiat Agar Mudah Mendirikan sholat Tahajud (Malam) - Bismillahirrahmanirrahim - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

sholat Tahajud adalah sholat yang dilakukan pada waktu malam. Lebih baik jika dikerjakan setelah larut malam dan sesudah tidur. sholat Tahajud disebut sholat malam, karena ia dilakukan setelah tidur. Demikian pula yang diriwayatkan oleh beberapa hadits dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwasanya beliau biasa melakukan sholat Tahajud setelah bangun dari tidur. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Aisyah dan lebih dari satu orang sahabat lainnya.

Ada begitu banyak keajaiban dan keistimewaan yang bisa kita peroleh jika kita melaksanakan sholat Tahajud secara isthiqamah, diantaranya :

1. Diberikan tempat terpuji oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.
2. Disebut sebagai orang yang “Muhsinin” oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.
3. Dipuji Oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā dan termasuk kedalam hamba-Nya yang baik.
4. Menjadi orang-orang yang beruntung.
5. Diberikan jaminan surga oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.
6. Lebih dekat dengan Allah Subḥānahu wa ta'alā, mencegah perbuatan dosa, menghapuskan kesalahan dan mengeluarkan penyakit dari tubuh.
7. Membuat wajah anda lebih rupawan di siang hari.
8. Mempercepat terjuwudnya cita-cita dan menciptakan rasa aman.
9. Meningkatkan Produktivitas kerja.

Untuk keajaiban dan keistimewaan sholat Tahajud dapat and abaca selengkapnya di :


Baiklah, kembali ke pokok bahasan, sholat Tahajjud dapat dilakukan kapan pun pada malam hari, asalkan pelakunya sempat tertidur. Namun waktu paling utama untuk melakukannya adalah pada sepertiga akhir malam, kira-kira mulai pukul 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh.

Tapi yang menjadi masalah adalah beberapa dari kita merasa sulit untuk bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat Tahajud ini, karena mungkin belum terbiasa mengamalkannya, jika itu diri anda maka, berikut Tips dan Kiat-Kiat Agar Mudah Mendirikan sholat Tahajud (Malam).

Tips dan Kiat-Kiat Agar Mudah Mendirikan sholat Tahajud (Malam), Memanejemen Aktivitas, Jangan Makan Berlebihan, Keinginan dan Niat yang Kuat, Hindari Maksiat, Memahami Keutaman dan Keisitimewaan sholat Malam, Tidur Lebih Awal, Lawan Kantuk Ketika Bangun,  Mulai Dari yang Ringan

1. Memanejemen Aktivitas

Aturlah aktivitas di siang hari agar pada malam hari kita tidak kelelahan, sehingga tidak membuat kita tidur terlalu lelap.

2. Jangan Makan Berlebihan

Janganlah terlalu kenyang makan malam, berdoalah agar bisa bangun malam, dan jangan lupa memasang alarm sebelum tidur.

3. Keinginan dan Niat yang Kuat

Berusaha menumbuhkan keinginan atau niat yang kuat dari dalam kita untuk bangun melaksanakan sholat malam. Sebelum tidur jaga niat tersebut dan kuatkan kembali hingga mata terpejam. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Barangsiapa yang akan tidur berniat untuk bangun sholat tahajud, kemudian ketiduran hingga pagi hari, maka dicatatnya niat itu sebagai satu pahala, sedang tidurnya itu dianggap sebagai karunia dari Allah yang diberikan padanya.” (HR. An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

4. Hindari Maksiat

Hindarilah kemaksiatan. Sofyan ats-Tsauri berkata, “Sesungguhnya aku sulit sekali melakukan sholat malam selama lima bulan, disebabkan satu dosa yang aku lakukan.”

5. Memahami Keutaman dan Keisitimewaan sholat Malam

Pahamilah keutamaan dan keistimewaan sholat malam, agar memotivasi kita untuk melaksanakannya. Untuk keajaiban dan keistimewaan sholat Tahajud dapat and abaca selengkapnya di :

Ini Dia Keajaiban, Manfaat dan Keistimewaan sholat Tahajud yang Perlu Anda Ketahui.

6. Tidur Lebih Awal

Jangan biasakan tidur terlalu larut karena akan menyebabkan anda akan berat dan susah bangun, belajarlah untuk tidur di awal waktu secepatnya jam 09.00 dan selambat-lambatnya jam 11.00.

7. Lawan Kantuk Ketika Bangun

Biasanya ketika kita sudah terbangun, ada saja godaan syaitan yang membuat kita berat untuk bangun, malah kita akan melanjutkan tidur. Nah berusahalah untuk melawan godaan tersebut jika sudah terbangun dengan mengamalkan tata cara atau adab bangun tidur sesuai sunnah rasul, selangkapnya bisa anda baca di :


8. Berdoa Agar Dimudahkan

kepada Allah Subḥānahu wa ta'alā agar diberi kemudahan dalam beribadah kepada-Nya.

9. Mulai Dari yang Ringan

Sebaiknya sholat Tahajud dilakukan dengan dimulai dari mengerjkan dua rakaat yang ringan, selanjutnya kerjakan sesui keinginan anda. Dari Aisyah عنه الله رضي berkata,

“Rasulullah صلى الله عليه وسلم itu apabila bangun untuk sholat malamuntuk sholat, beliau memulainya dengan dua rakaat yang ringan.”

Baiklah, itulah tadi Tips dan Kiat-Kiat Agar Mudah Bangun Mendirikan sholat Tahajud (Malam). semoga bermanfaat dan semoga kita terinspirasi untuk mengalamalkan sholat Tahajud dan diberi oleh Allah kemudahan dalam mengamalkannya.Amin ya Rabbal ‘alamin

BACA JUGA :


Terimakasih, mohon maaf bila ada kekurangan. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.