Home » , , » Ketahuilah! 7 Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

Ketahuilah! 7 Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

Written By Alby Maizan On Monday, February 13, 2017 | 10:58 PM

Ketahuilah! 7 Keutamaan dan Manfaat sholat Dhuha - Bismillahirrahmanirrahim - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan saat matahari sedang naik satu tombak hingga sebelum matahari berada di tengah-tengah langit atau sebelum masuk waktu dzuhur. Di dalam Al-Qur’an surah adh-Dhuha, dijelaskan betapa istimewanya waktu dhuha hingga membuat Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى bersumpah atas waktu dhuha. Oleh karena itu, hendaknya kita menggunakan waktu dhuha untuk bermunajat kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melalui sholat dhuha.

Hukum sholat dhuha ialah sunnah mu’akkad (yang ditekankan), karena Rasulullah صلى الله عليه وسلم melakukan dengan menganjurkan para sahabat beliau untuk melakukannya dengan menjadikannya wasiat.

Tahukah anda bahwa sholat dhuha memiliki manfaat keutamaan dan keistimewaan pada siapa siapa saja yang mengerjakannya selain menambah rezeki, berikut 7 Keutamaan, Kistimewaan dan Manfaat sholat Dhuha yang Harus Anda Tahu:

keutamaan dan keistimewaan mengerjakan sholat sunnah dhuha, serta manfaatnya menambah rezeki dan mendapat pahala umrah dan haji

1. sholat Dhuha merupakan salah satu wasiat Rasulullah صلى الله عليه وسلم

Banyak sekali hadits yang menjelaskan betapa besarnya keistimewaan dan kutamaan sholat dhuha. Betapa tinggi kedudukannya serta betapa kokohnya syariat Islam dalam menganjurkannya, seperti salah satu sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang menjadikan sholat dhuha sebagai wasiat :

Hal ini sebagaimana hadits Abu Huarairah,

أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لَا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَصَلَاةِ الضُّحَى وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam) mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang tidak aku tinggalkan sampai aku meninggal: Puasa tiga hari setiap bulan, sholat Dhuha, dan sholat Witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. sholat Dhuha mencukupi sebagai sedekah bagi tiap ruas tulang / sendi tubuh.

Sebagaimana Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam sabdanya mengatakan :

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (sholat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim)

3. Masuk surga melalui pintu dhuha.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ: الضُّحَى، فَإِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ نَادَى مُنَادٍ: أَيْنَ الَّذِينَ كَانُوا يُدِيمُونَ عَلَى صَلَاةِ الضُّحَى؟ هَذَا بَابُكُمْ فَادْخُلُوهُ بِرَحْمَةِ اللَّهِ

“Sesungguhnya di Surga ada pintu yang disebut dengan adh-Dhuha, nanti pada hari kiamat ada yang memanggil : “siapa yang senantiasa menunaikan sholat Dhuha?, ini adalah pintu kalian, silakan masuk dengan rahmat Allah.” (HR. ath-Thabarani)

4. Akan dibangungkan sebuah rumah di surga.

Salah satu keistimewaan mengerjakan sholat dhuha adalah dibangunkan surga oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم

“Siapa yang mendirikan sholat Dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangungkan baginya rumah dari emas di surga.” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

5. Dicukupkan rezekinya di sore hari.

Dari Abu Darda رضي الله عنه, ia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, “Allah Ta’ala berfirman,

يَابْنَ آدَمَ ، صَلِّ لِي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Wahai anak Adam, sholatlah 4 rakaat untuk-Ku pada waktu Dhuha, maka Aku akan memberikan jaminan yang cukup kepadamu sampai akhir hari itu.” (HR. at-Tirmidzi)

6. Mendapatkan pahala umrah.

Dari Anas bin Malik رضي الله عنه, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia duduk – dalam riwayat lain: dia menetap di mesjid – untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna. (HR. at-Tirmidzi)

7. Akan diampuni dosanya walau sebanyak buih dilautan.

Jika kita isthiqamah dalam menjaga sholat dhuha, maka dosa kita akan diampuni walau sebanyak buih dilautan, sebagaimana Dari Abu Hurairah رضي الله عنه , Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan".(HR. Ahmad dan at-Tirmidzi).

Baiklah, itulah tadi 7 Keutamaan, Kistimewaan dan Manfaat sholat Dhuha. Semoga bisa bermanfaat dan kita bisa diberi kemudahan untuk mengamalkannya dalam keseharian kita, Amin.

Nah sahabat, jika anda belum mengetahui tata cara pelaksanaan sholat Dhuha, silahkan anda baca di :


Baca Juga :


Terimakasih, mohon maaf bila ada kekurangan. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.