Home » , , » Ini Dia, 9 Keajaiban & Manfaat Sholat Tahajud

Ini Dia, 9 Keajaiban & Manfaat Sholat Tahajud

Written By Alby Maizan On Thursday, February 23, 2017 | 6:05 PM

Ini Dia, 9 Keajaiban & Manfaat Sholat Tahajud - Bismillahirrahmanirrahim - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah larut malam dan sesudah bangun dari tidur. Diriwayatkan oleh beberapa hadits dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwasanya beliau biasa melakukan sholat Tahajud setelah bangun dari tidur. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Aisyah dan lebih dari satu orang sahabat lainnya.

sholat Tahajud termasuk sholat sunnah mu’akkad yang begitu sangat dianjurkan oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā dalam firman-Nya dan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam hadits nya, diantaranya :

Allah Subḥānahu wa ta'alā berfirman,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَى أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا (٧٩)

“Dan pada sebagian malam hari bersholat Tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Al-Isra [17]: 79)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم besabda,

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ الْمَكْتُوْبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ

“sholat yang paling utama setelah fardhu adalah sholat (sunnah) di tengah malam (Tahajjud).” (HR. Muslim)

Itu tadi beberapa anjuran mengapa kita perlu melaksanakan sholat Tahajud, untuk selengkapnya bisa anda baca di :

Rahasia Mengapa sholat Tahajjud Sangat Dianjurkan

Selain begitu dianjurkan, tentu sholat Tahajud ini memiliki beberapa manfaat dan keistimewaan, nah berikut Ini Dia Keajaiban, Manfaat dan Keistimewaan sholat Tahajud yang Perlu Anda Ketahui.

Ini Dia Keajaiban, Manfaat dan Keistimewaan sholat Tahajud yang Perlu Anda Ketahui. Diberikan tempat terpuji oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā. Disebut sebagai orang yang “Muhsinin” oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.Dipuji Oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā dan termasuk kedalam hamba-Nya yang baik. Menjadi orang-orang yang beruntung.Diberikan jaminan surga oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.Lebih dekat dengan Allah Subḥānahu wa ta'alā, mencegah perbuatan dosa, menghapuskan kesalahan dan mengeluarkan penyakit dari tubuh. Membuat wajah anda lebih rupawan di siang hari. Mempercepat terjuwudnya cita-cita dan menciptakan rasa aman. Meningkatkan Produktivitas kerja.

1. Diberikan tempat terpuji oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.

Allah akan memberikan tempat yang terpuji bagi orang yang selalu melaksanakan sholat Tahajud di hari Kiamat nanti. Sebagiamana Allah Subḥānahu wa ta'alā berfirman,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَى أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا (٧٩)

“Dan pada sebagian malam hari bersholat Tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra [17]: 79)

2. Disebut sebagai orang yang “Muhsinin” oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.

Orang-orang yang selalu melaksanakan sholat malam adalah orang yang disebut oleh Allah sebagai “Mushsinin”. Dia berhak mendapatkan kebaikan dari-Nya serta rahmat-Nya. Allah Subḥānahu wa ta'alā berfirman,

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (١٥) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (١٦) كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (١٧) وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (١٨)

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzaariyat [51]: 15-18)

Mujahid mengatakan, “Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun,” yaitu “sholat.” Yang lain mengatakan, mereka melaksanakan sholat malam dan mengakhirkan istighfar pada waktu sahur.

3. Dipuji Oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā dan termasuk kedalam hamba-Nya yang baik.

Orang yang selalu melaksanakan sholat Tahjud akan dipuji oleh Allah, dan akan dimasukkan ke dalam kelompok hamba-Nya yang baik. Allah Subḥānahu wa ta'alā berfirman,

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الأرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلامًا (٦٣) وَالَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَامًا (٦٤)

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan [25]: 63-64)

4. Menjadi orang-orang yang beruntung.

Allah membedakan orang yang selalu melaksanakan sholat Tahajjud bahwa mereka berbeda dengan yang lainnya. Allah Subḥānahu wa ta'alā berfirman,

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الألْبَابِ (٩)

“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS. Az-Zumar [39]: 9)

5. Diberikan jaminan surga oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā.

Allah memberikan jaminan surga bagi hamba-Nya yang melaksanakan sholat Tahajjud. Rasulullah صلى الله عليه وسلم besabda,

“Wahai manusia, sebarluaskanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali silaturrahim, sholatlah di malam hari saat manusia sedang tidur lelap, maka kamu akan masuk surga dengan selamat.” (HR. al-Hakim, Ibnu Majah, at-Tirmidzi)

6. Lebih dekat dengan Allah Subḥānahu wa ta'alā, mencegah perbuatan dosa, menghapuskan kesalahan dan mengeluarkan penyakit dari tubuh.

sholat malam juga dapat mendekatkan diri kepada Allah, dapat mencegah perbuatan dosa, menghapuskan kesalahan dan mengeluarkan penyakit dari tubuh. Rasulullah صلى الله عليه وسلم besabda,

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنْ الإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

“Hendaknya kalian mendirikan sholat malam, karena sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kamu, dan sesungguhnya sholat malam dapat mendekatkan diri kepada Allah, dapat mencegah perbuatan dosa, menghapuskan kesalahan dan mengeluarkan penyakit dari tubuh.” (HR. at-Tirmidzi)

7. Membuat wajah anda lebih rupawan di siang hari.

Banyak orang saat ini mulai meniliti pengaruh sholat Tahajjud terhadap kesehatan. Dan setelah dilakukan penelitian medis, ternyata sholat Tahajjud berkhasiat membebaskan seseorang dari serangan infeksi dan penyakit kanker. sholat Tahajud juga ternyata dapat menjaga kerupawanan, seperti sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم

“Siapa yang banyak menunaikan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR. Ibnu Majah)

8. Mempercepat terjuwudnya cita-cita dan menciptakan rasa aman.

Salah satu keajaiban sholat Tahajud yang paling sering kita dengarkan adalah mempercepat terwujudnya cita-cita dan mempercepat hajatan kita dikabulkan oleh Allah Subḥānahu wa ta'alā. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Ketahuilah, sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki; seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan sholat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu dan takut apa yang ada di sisi-Mu pula’. Allah berfirman, ‘Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapakan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.” (HR. Ahmad)

9. Meningkatkan Produktivitas kerja.

sholat Tahajud juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Maka salah satu program untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang andal secara intelektual, emosional, dan spiritual adalah membiasakan sholat Tahajud setiap malam. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Setan mengikat tengkuk salah seorang di antara kamu pada waktu tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatan dikatakan, ‘Bagimu malam yang panjang, maka tidurlah’. Apabila ia bangun dan ingat kepada Allah, maka lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu, maka terlepaslah satu ikatan (lagi). Dan, jika ia mengerjakan sholat, maka terlepaslah seluruh ikatannya. Ia memasuki pagi hari dengan tangkas dan segar jiwanya. Jika tidak, maka ia masuk pagi dengan jiwa yang buruk dan malas. (HR. Bukhari dan Muslim)

Baiklah, itulah tadi Keajaiban, Manfaat dan Keistimewaan sholat Tahajud yang Perlu Anda Ketahui. semoga bermanfaat dan semoga kita terinspirasi untuk mengalamalkan sholat Tahajud dan diberi oleh Allah kemudahan dalam mengamalkannya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Anda masih sulit melaksanakan sholat Tahajud? Atau mungkin belum paham dengan tata cara sholat Tahajud? Silahkan anda baca di :



Terimakasih, mohon maaf bila ada kekurangan. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.