Home » , , » Tips Tata Cara Bangun Tidur Ala Rasulullah SAW

Tips Tata Cara Bangun Tidur Ala Rasulullah SAW

Written By Alby Maizan On Sunday, February 12, 2017 | 1:31 AM

Tips Tata Cara Bangun Tidur Ala Rasulullah صلى الله عليه وسلم - Bismillahirrahmanirrahim - Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidur merupakan kenikmatan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya agar mereka bisa beristirahat setelah seharian penat bekerja. Tidur juga berfungsi merefresh badan agar bisa menjalankan ibadah dengan lebih semangat dan khusyuk.

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِبَاسًا وَالنَّوْمَ سُبَاتًا وَجَعَلَ النَّهَارَ نُشُورًا (٤٧)

“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (QS. Al-Furqan [25]: 47)

Dari Aisyah Aisyah رضي الله عنه , Rasulullah صلى الله   عليه وسلم bersabda :

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يُصَلِّى فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ لاَ يَدْرِى لَعَلَّهُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبَّ نَفْسَهُ

“Jika salah seorang di antara kalian mangantuk saat sedang sholat, tidurlah terlebih dahulu hingga kantuknya hilang. Sebab, jika seorang sholat dalam keadaan mengantuk, bisa saja ia tidak sadar, barangkali ia bermaksud memohon ampun, tapi malah memaki dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jamak diantara kita yang masih merasa berat ketika harus bangun dari tidurnya. Badan terasa capek semua, kaki terasa berat untuk melangkah, dan mata serasa sulit untuk dibuka. Barangkali ini terjadi karena sebagian kita belum melazimi sunnah Rasul ketika bangun tidur.

Nah, sahabat, Berikut beberapa Tips Tata Cara Bangun Tidur Ala Rasulullah صلى الله   عليه وسلم :

Tips Tata Cara Bangun Tidur Ala Rasulullah SAW,  ini dia Amalan-Amalan  dan sunnah Rasul yang dilakukan oleh Nabi kita Muhammad SAW Saat Bangun Tidur

1. MENGUSAP WAJAH DENGAN TANGAN

Melenyapkan sisa-sisa kantuk dengan cara mengusapkan tangan ke wajah. Imam Nawawi dan Ibnu Hajar menyatakan sunnahnya, berdasarkan hadits:

فَاسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَجَلَسَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ

“Rasulullah صلى الله   عليه وسلم bangun tidur, lantas beliau duduk sembari menghilangkan rasa kantuk dengan mengusapkan tangannya ke wajahnya.” (HR. Muslim).

2. BERDOA

Salah satu sunnah Rasul saat bangun tidur adalah dengan membaca doa. Berikut doa yang dibaca oleh Rasul ketika bangun dari tidur:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan, dan kepada-Nya lah kami dikembalikan”. (HR. Bukhari).

3. MENCUCI TANGAN

Mencuci kedua tangan sebelum memasukan kedalam bejana. Rasulullah صلى الله   عليه وسلم bersabda:

إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ، فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي الْإِنَاءِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا، فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ

“Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. BERISTINTSAAR

Beristintsaar adalah memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya sebanyak tiga kali. Rasulullah صلى الله   عليه وسلم bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ مَنَامِهِ فَلْيَسْتَنْثِرْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَبِيتُ عَلَى خَيَاشِيمِهِ

“Apabila seorang diantara kalian bangun tidur maka beristintsaarlah tiga kali karena sesungguhnya syaitan bermalam di batang hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. BERSIWAK

Bersiwak juga merupakan salah satu amalan yang dilakukan oleh Rasulullah صلى الله   عليه وسلم saat bangun tidur, atas dasar hadits :

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ، يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

“Kebiasaan Rasulullah صلى الله   عليه وسلم apabila bangun pada malam hari, beliau menggosok giginya dengan siwak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kemudian hadits lain mengatakan :

Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah صلى الله   عليه وسلم tidak tidur kecuali siwak berada disampingnya, jika bangun dari tidurnya, beliau memulainya dengan bersiwak. (HR. Ahmad).

6. MENGERJAKAN SHOLAT

Kemudian mengerjakan sholat juga merupakan salah satu amalan Rasulullah صلى الله   عليه وسلم, berdasarkan hadits:

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baiklah, itulah tadi beberapa Amalan-Amalan yang dilakukan oleh Nabi kita Muhammad صلى الله   عليه وسلم Saat Bangun Tidur. Semoga bisa bermanfaat dan kita bisa diberi kemudahan untuk mengamalkannya dalam keseharian kita, amin. Terimakasih, mohon maaf bila ada kekurangan. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.